Pengertian Blog dan Jenisnya Lengkap

Blog –singkatan dari web log— adalah situs berisi informasi yang dipublikasikan di World Wide Web, yakni sistem dokumen hypertext (teks yang merujuk pada teks lainnya) yang saling terkait dan bisa diakses melalui intenet. (Wikipedia)



Secara bahasa (Inggris), web artinya jaringan; log artinya buku harian atau catatan. Dengan demikian, blog bisa dikatakan sebagai catatan harian yang tersaji secara online (online diary), yaitu catatan pribadi seorang blogger (pemilik blog) tentang apa saja yang ia alami, rasakan, dan ketahui.



Dari berbagai definisi blog yang bisa kita temukan via Googling, umumnya ada kata-kata "tulisan yang tampil dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama)", meskipun tidak selamanya demikian. Salah satunya mengatakan:Aa blog is a type of website that is usually arranged in chronological order from the most recent ‘post’ (or entry) at the top of the main page to the older entries towards the bottom.

Pengertian blog paling umum dan mudah dipahami adalah definisi dari Computer Glossary of Terms yang mencantumkan tiga istilah sekaligus: blog, blogging, dan blogger:‘From “Web log.” A blog is basically a journal that is available on the web. The activity of updating a blog is “blogging” and someone who keeps a blog is a “blogger.”Blog pada dasarnya adalah jurnal yang ada di web. Aktivitas updatenya disebut blogging dan seseorang yang "ngeblog" disebut blogger.

Blog biasanya dimiliki individu atau perorangan yang hobi menulis yang disebut blogger. Website biasanya dimiliki lembaga atau perusahaan.


Namun, banyak juga lembaga/perusahaan memilih jenis blog sebagai situs webnya --dengan menggunakan nama domain sendiri (cutom domain) atau blog selfhosting dengan menggunakan CMS Wordpress misalnya.

Tampilan blog biasanya lebih simple daripada website. Namun, dengan platform blogger (blogspot.com), tampilan blog bisa lebih bagus dari website. Banyak template blog yang keren dan bagus, layaknya web profesional. (Lihat misalnya: Template Blog SEO Responsif).

Gaya bahasa blog biasanya personal, gaya ngobrol atau percakapan. Namun, blog yang dimiliki lembaga juga menggunakan gaya bahasa "formal" layaknya website.

Barangkali pembeda utama blog dan website saat ini adalah dari sisi domain hosting. Blog itu situs dengan doman dan hosting gratis (free hosting), sedangkan website berbayar (sewa doman dan hosting/server sendiri).

Blog juga mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi lembaga, sampai media promosi dan bisnis. (Sejarah Blog Selengkapnya).


JENIS-JENIS BLOG

Melihat perkembangan ini, pihak pengembang menjadi terdorong untuk membuat design dan tata letak blog  yang bervariasi. Sehingga terciptalah blog-blog dengan jenis yang berbeda-beda berdasarkan jenisnya, tujuannya, konten, devive, genre dan protokol

A.    Berdasarkan Jenisnya

Online Diary / Online Journal / Personal blog

Blog jenis ini bentuknya seperti buku harian atau jurnal yaitu berisi tentang pengalaman pribadi, opini atau pendapat pemilik blog. biasanya blog ini dikelola oleh 1 orang yaitu pemilik blog itu sendiri.  Design sederhana tapi kaya warna dengan tampilan yang terkesan ceria. Selain itu jenis blog ini memiliki fitur minim. Contohnya adalah https://donyprisma.wordpress.com



Corporate Blog

Corporate blog adalah jenis blog perusahaan yang umumnya berisi kebijakan, press release, konfirmasi dan profil perusahaan. konten blog ini lebih bervariasi daripada blog online diary karena blog ini merupakan representative suatu perusahaan. pada umunya blog jenis ini memiliki design yang elegan, tampilan yang eye catching, banyak fitur dan perpaduan warna yang proposional. Contohnya http://ycorpblog.com milik yahoo.


Project / Product Blog

Project atau produk blog adalah jenis blog yang berisi tentang perkembangan suatu projek atau produk. informasi yang disajikan selalu up date dengan design yang sederhana. Contohnya adalah http://googlechromereleases.blogspot.com milik google chrome.


Niche Blog

Blog jenis ini berisi tentang suatu niche atau topik tertentu. Biasanya blog jenis ini digunakan utuk monetisasi atau untuk menghasilkan uang. Design sederhana, minim fitur, dan kontennya kebanyakan berisi tentang promosi, diskusi atau jua beli produk. contohnya http://navinot.com yaitu blog bertema IT dalam lingkungan sosial.


 B.     Berdasarkan Tujuannya

Blog untuk berorientasi personal

Ciri khas blog berorientasi personal adalah konten yang membahas niche atau topik bervariasi dan biasanya menggunakan bahasa yang subjektif atau berorientasi pada penulis post. Contohnya donyprisma.wordpress.com


Blog untuk Personal Branding

Blog untuk personal branding dibuat dengan tujuan promosi atau jual jasa kemampuan yang dimiliki penulis. Ciri – cirinya adalah membahas topik tertentu, penggunaan bahasa yang fomal atau semi formal dan konten blog menunjukan karakter penulis. Contohnya adalah http://muhammadisman.blogspot.com yaitu blog yang berisi kemampuan penulis dalam bidang trainer.


Blog untuk Monetisasi

Blog untuk monetisasi atau build for adsense biasanya bertujuan mendapatkan uang atau income. informasi yang ditampilkan pada blog ini berorientasi pada pengunjung karena semakin banyak pengunjung yang datang ke blog ini maka semakin besar uang yang bisa didapatkan. Ciri dari blog ini adalah faktor-faktor yang mendorong suply traffic seperi faktor SEO atau widget social bookmark. contohnya adalah http://shoemoney.com atau http://problogger.net


Blog untuk portofolio

Blog jenis ini bertujuan untuk pameran atau menampilkan hasil karya dari pemilik blog seperti karya design, fotografi, dan comic. Cirinya adalah kontennya kebanyakan berupa visual image daripada text. Contohnya http://chickenstrip.wordpress.com atau www.my-photo-blog.com/.

Blog untuk katalog

Tujuan dari blog katalog adalah sebagai rujukan bagi pengunjung untuk mencari informasi yang di inginkan seperti katalog design atau katalog buku. Contohnya http://bestwebgallery.com atau http://cssgallery.com.


 C.    Berdasarkan Kontennya

Vlog

Vlog atau  Video Blog yaitu blog yang kontennya berisikan video. Contoh: NotSoGeeky

LinkLog

LinkLog atau link blog yaitu blog yang kontennya berisikan kumpulan link. Contoh: 

Jennifer’s LinkLog

Sketchblog

Sketchblog yaitu blog yang kontennya berisikan kumpulan sketsa portofolio. Contoh: 

Kristen’s Sketchblog

Photoblog / Phlog

Phlog atau photoblog yaitu blog yang kontennya berisi foto. Contoh: Kathleen Connally’s Photoblog


Tumbleblogs

Tumbleblogs yaitu blog yang kontennya berisi entri text pendek dan kombinasi berbagai media. Contoh: poetsch.org’s tumbleblog


Typecasting Blog

Typecasting Blog yaitu blog yang kontennya merupakan tulisan yang diketik menggunakan mesin tik / tulisan tangan / notes yang di scan dan dipublikasikan melalui blog. Contoh:  Type-Ten.com


Splog

Splog atau spam blog adalah blog yang kontennya hanya berisi iklan.



Blog iklan baris

Blog iklan baris adalah blog yang kontennya hanya berisi iklan baris. Contoh: http://blogiklanbaris.com/



Blog Copy Paste

Blog Copy Paste adalah Blog yang kontennya hanya copy paste dari blog lain.


D.    Berdasarkan Device

Moblog

Moblog adalah Blog yang di update menggunakan perangkat mobile. Contoh: Dori’s Moblog

E.     Berdasarkan Genre


Personal Blog

Political Blog

Travel Blog

Fashion Blog

Music Blog

Education Blog

Social blog

And Lainnya


F.     Berdasarakan Protokol

Blog
Blog yang berada di jaringan world wide web dan menggunakan protokol hypertext transfer protocol (http) merupakan singkatan dari weblog (logging the web).

Phlog
Blog yang menggunakan protokol Gopher. Jika “B” dari blog berasal dari kata “Web”, maka “Ph” dari Phlog berasal dari kata “Gopher”. Contoh: Port70 Phlog (gopher link)


Demikian penjelasan dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf
Terima kasih 

Post a Comment

0 Comments